Begini Caranya agar Bisnis Anda Tembus Pasar Internasional

Screenshot_3

Pasar yang luas ke penjuru dunia tentunya jadi impian semua pengusaha. Tapi, untuk mencapainya tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Bahkan yang bisa go international identik dengan perusahaan-perusahaan besar saja.

Ada banyak hal yang harus dilalui untuk menjangkau pasar internasional, yang tak jarang menjadi sebuah penghambat tersendiri. Terlebih lagi bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang identik dengan banyaknya keterbatasan.

Misalnya kekurangan modal, produk yang kurang bervariasi atau mungkin kualitas produk yang belum sesuai dengan standar internasional, hingga berbagai peraturan dan ketentuan lain sebagai syarat bisa menembus pasar internasional. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pengusaha.

1. Perhatikan Tren Global dan Tentukan Pasarnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar bisnis UKM menembus pasar internasional adalah memperhatikan tren global. Produk apa saja yang banyak diinginkan pasar? Sehingga produk Anda banyak dimintai.

Kemudian tentukan negara mana yang ingin dibidik dan cari tahu karakteristik dari pasar yang Anda tuju. Sebab idealnya karakteristik pasar akan memudahkan pelaku usaha dalam memproduksi suatu barang. Dengan demikian, barang yang diproduksi cepat laku dan mendatangkan keuntungan.

2. Pasarkan Produk yang Limited Edition

Selain memproduksi barang dalam jumlah banyak, cobalah untuk memproduksi barang yanglimited edition khususnya untuk pasar-pasar yang ada di Benua Eropa.

Adanya barang edisi terbatas akan menyebabkan konsumen semakin penasaran terhadap keistimewaan barang tersebut, sehingga daya beli konsumen meningkat dengan sendirinya.

Dalam hal ini, yang menjadi kunci utama adalah kualitas agar nilai dari produk tersebut semakin tinggi. Ketika suatu produk terbatas dan berkualitas, pelaku usaha dapat menetapkan harga jual yang tinggi. (Baca Juga: 7 Usaha Ini Makin Diuntungkan karena Pelemahan Rupiah)

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3684793/begini-caranya-agar-bisnis-anda-tembus-pasar-internasional

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *